Jumat, 10 Maret 2017

Cara Simpel Meningkatkan Skill Ngoding atau Bahasa Pemrograman


Berbicara dalam kode, tentu kita akan sangat pusing jika kita tidak mengenal istilah-istilahnya, maka dari itu kita perlu memelajarinya, dari sekian banyak bahasa pemrograman intinya hanya satu, semua pemrograman itu sama saja, hanya alur dan algoritmanya saja yang berbeda dan terkadang membuat kita menjadi pusing tujuh keliling.

Dalam artikel ini, Saya akan membahas tentang bagaimana caranya meningkatkan skill ngoding kita, tentu nini berdasarkan pengalaman yang Sayan alami, baik mari kita langsung ke pembahasan.


Mempelajari C/C++

Jika kita mempelajari dari dasar yang sulit, maka kita akan mudah untuk belajar bahasa pemrograman yang lainnya juga, dengan demikian Saya menyarankan untuk mempelajari bahasa C/C++.

Dengan mempelajari bahasa tersebut, dalam itungan bulan atau tahun, skill Anda akan meningkat jauh lebih tinggi, karena kita mempelajari dari dasarnya.

Walaupun sulit, percayalah kita pasti bisa mempelajarinya, buktinya orang yang membuat OS seperti Steve Jobs, Bill Gates, dll. Mereka bisa membuatnya, dan bahasa yang digunakan untuk membuat OS tergolong bahasa yang sangat sulit, tapi jika ada niat, semua akan bisa dan terasa mudah.

Latihan Menghafal Cepat

Menghafal masih ada kaitannya dengan topik yang kita bahas, tapi untuk lebih tepatnya yaitu Memahami.

Yang dimaksud menghafal cepat disini adalah, coba anda pilih beberapa materi yang sulit, kemudian anda atur waktu misalnya 1 menit. Dalam 1 menit tersebut Anda harus menghafal cepat isi dari materi tersebut, lakukan hal ini secara terus menerus untuk meningkatkan daya tangkap yang cepat pada saat ngoding.

Lelah, Istirahatlah

Semua makhluk hidup pasti memiliki rasa lelah dan tentunya harus beristirahat, sama halnya jika Anda sedang menulis kode, jika terasa lelah dan dipaksakan, itu akan membuat pikiran anda kacau dan tidak menutup kemungkinan tiba-tiba lupa syntax yang anda pakai.

Jadi jika terasa lelah, beristirahatlah gunanya untuk menyimpan energi dan mempulihkan energi, dengan istirahat teratur, maka daya tangkap dalam menulis kode akan terasa lebih baik dari sebelumnya.

Dari beberapa tips diatas, silahkan dicoba dan untuk sukses atau tidaknya itu tergantung dari pribadi masing-masing, sekian yang bisa saya sampaikan, silahkan jika ada pertanyaan atau saran langsung saja komentar di bawah, terimakasih.


Artikel Terkait